Anggota DPRK Aceh Tenggara Dilantik

23/09/2014

 

Kutacane, (Analisa). Anggota DPRK Aceh Tenggara periode 2014-2019 hasil Pemilu Legislatif 2014, Kamis (28/8) dilantik dalam rapat paripurna istimewa tentang pengucapan sumpah/janji. Pelantikan ini dipimpin langsung Ketua DPRK setempat, HM Salim Fakhri SE.

Dalam sambutannya, Fakhri menyampaikan, pelantikan dan pengangkatan sumpah ini adalah momen istimewa dan sakral. “Di akhir periode kami memegang amanat rakyat dalam perjuangan untuk menegakkan era reformasi menuju demokrasi yang  bermartabat dan lebih humanis serta konstruktif dalam melaksanakan amanat rakyat, selama ini dan ke depan,” kata Fakhri yang juga calon anggota DPR-RI ini.

Diakuinya, selama ini antusiasme masyarakat Bumi Sepakat Segenep cukup besar kepada DPRK selaku lembaga legislasi yang berperan sebagai alat kontrol sosial. Dia berharap, ke depan, anggota DPRK Aceh tenggara periode 2014-2019 ini bisa bekerja lebih baik dibandingkan periode sebelumnya yang prestasinya antara lain bisa mengesahkan banyak qanun (perda) yang berpihak kepada rakyat.

Sementara, Bupati Aceh Tenggara, H Hasanuddin B, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada anggota DPRK periode 2009-2014 atas kontribusi positif yang selama ini telah disumbangkan baik berupa kriktik maupun saran.

“Selama ini (DPRK) telah mengawal kepemimpinan kami. Kendati berat untuk berpisah, akan tetapi hari ini harus kita jalani bersama. Selamat bertugas kepada anggota DPRK yang baru dengan harapan ke depan lembaga ini bisa menjadi mitra kerja eksekutif dalam mengontrol jalannya roda pemerintahan di Aceh Tenggara,” katanya.

Pantauan Analisa di lokasi pelantikan, terlihat animo masyarakat sangat tinggi menyaksikan prosesi pelantikan. Selain ruangan Gedung Olah Raga (GOR) Kutacane sebagai lokasi pelantikan yang terlihat padat, pelataran parkir gedung juga dipadati masyarakat dan undangan. Karangan bunga dari berbagai unsur yang ditujukan kepada anggota DPRK yang tengah menjalani prosesi pelantikan juga mewarnai areal GOR Kutacane.

Ketiga puluh anggota DPRK Aceh Tenggara periode 2014-2019 itu berasal dari Partai Golkar sebanyak 11 orang, Hanura (5) , PDIP (3), Partai Aceh (3), Nasdem (3), Demokrat (3) dan Gerindra (2).

Dari 30 anggota dewan yang terpilih hanya delapan 8 orang wajah lama, yaitu Irwandi Desky, Hj Syamsiar, Gabe Martua Tambunan, Budimansyah, Nurlelawati, Nazarudin dan Raoy Darwan Tarigan, Bukhari dan M Sofyan Desky.

Selebihnya adalah wajah-wajah baru. Dari Partai Golkar adalah Barudin, Takdir Edi Winta, Hj Helena, Hasanusi, Muhammad Yamin Saipi, Arnold Napitupulu, Indira Hayati dan Malik Hamdani; dan dari Hanura ialah Jamudin Selian, Raidin, Muhammad Daud, Bukhari dan Usman Efendi.

Kemudian, wajah baru dari PDIP yakni Timbul Hasudungan Samosir dan Bustami, sementara dari Partai Aceh adalah T Dedi Faisal, Sofyan Efendi dan Budimansyah. Dari Nasdem yaitu M Sopian Desky dan Kamirun Munthe, dari democrat yakni Johanuddin Desky, Supian dan Roya Darwan Tarigan, dari Gerindra ialah Felif Subrianto dan Sahudin. (shd)


Guru Baca Tulis Quran Tiga Bulan tak Terima Gaji

08/04/2010
28 Maret 2010, 09:40
Aceh Tenggara

KUTACANE – Sejumlah guru baca tulis quran yang bertugas di beberapa sekolah dasar di Kabupaten Aceh Tenggara, mengaku sudah tiga bulan tidak terima gaji. Biasanya, honor untuk guru kontrak sebesar Rp 400.000/bulan itu dibayar Dinas Pendidikan Provinsi Aceh.

Salah seorang guru baca tulis quran yang minta namanya tak ditulis di surat kabar kepada Serambi Jumat (26/3) mengatakan, mereka sejak bulan Januari hingga Maret 2010 atau sudah 3 bulan tak mendapatkan gaji.  Katanya, para guru kontrak itu sudah pernah mempertanyakan hal tersebut kepada pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Aceh Tenggara, tapi pihak dinas meminta mereka bersabar karena belum ada informasi yang pasti kapan honor dibayarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Aceh. Begitupun, pejabat di Dinas Dikpora Agara menyebutkan bahwa honor mereka baru dibayar setelah ketok palu APBA 2010.

Para guru tulis baca quran itu sebelumnya mengaku juga sudah pernah membaca di media massa, bahwa program guru kontrak baca tulis quran di sekolah dasar akan dilanjutkan. Dikatakan, mereka sangat berharap gaji tersebut dibayarkan setiap bulannya, sehinggabisa digunakan untuk biaya pulang pergi ke sekolah.(as)


Membuat Blog Gratis di WordPress

12/02/2009

Membuat Blog Gratis di WordPress

Membuat sebuah homepage berbentuk blog sangatlah mudah bagi orang yang mau belajar dan berusaha. Ada banyak sekali penyedia blog gratis di Internet. Antara lain seperti WordPress, Blogger atau lebih dikenal Blogspot, Multiply, Blogdrive, Blogsome, Blog dan lain sebagainya. Untuk posting ini akan diberikan cara mudah memiliki blog gratis dengan subdomain dan hosting di WordPress. Kalau ingin mengetahui lebih detail tentang WordPress juga bisa dibaca di web www.WordPress.org. Adapun yang ingin memiliki source-nya bisa didownload di www.wordpress.com/download/.

Berikut ini langakah untuk memiliki blog di WordPress:

1. Buka halaman http://www.wordpress.com, atau langsung menuju http://www.id.wordpress.com untuk WordPress versi Bahasa Indonesia

2. Untuk memulai nge-Blog klik tombol Sign Up Now! atau klik Daftar Sekarang. Sehingga muncul halaman baru sebagai berikut:

Nama pengguna atau user harus dipilih minimal 4 karakter yang hanya boleh terdiri dari angka dan huruf. Tidak diperkenankan karakter selainnya seperto -, _, @, . dlsb. Kemudian isikan kata sandi (password) yang bisa menggunakan huruf besar, huruf kecil, nomer atau simbol seperti !ӣ$%^&( didalam password anda. Sebaiknya gunakan perpaduan huruf besar dan huruf kecil serta angka dan pilih kata sandi tersebut yang mudah Anda ingat. Simpan password tersebut dan jangan sampai diketahui oleh orang lain, karena hal tersebut privacy Anda.

Kemudian masukkan alamat email Anda. Dengan kata lain untuk memiliki blog Anda harus mempunyai email sendiri terlebih dahulu. Gunanya adalah karena WordPress secara otomatis akan mengirim informasi administratif kealamat email tersebut untuk proses verifikasi kebenaran alamat email Anda. Jadi mohon diperiksa ejaannya, pastikan alamat email anda sudah benar. Selanjutnya email Anda akan menjadi pusat informasi dan komunikasi antara Anda dan Blog Anda. Misalnya jika ada pengunjung blog Anda yang mengisi komentar, Anda akan diberikan info notifikasi ke alamat email Anda untuk proses moderasi komentar tersebut. Selanjutnya jangan lupa berikan tanda di kolom Legal flotsam sebagai bukti bahwa Abda telah membaca dan mensetujui persyaratan dan layanan yang diberikan WordPress. Selanjutn ya untuk memiliki sebuah blog Anda harus memilih opsi “Berikan aku blog!” bukan hanya sekedar username saja. Kemudian klik tombol Next dibawahnya.

3. Selanjutnya Anda diminta memilih nama sub domain blog Anda. Misal memakai subdomain workshopict, maka alamat blog Anda nantinya menjadi http://workshopict.wordpress.com. Selanjutnya berikan judul blog Anda yang sesuai dengan isi atau tema blog Anda misal “Workshop Pokja ICT”. Pilih bahasa yang akan anda gunakan dalam menulis blog. biasanya sudah diset default ke dalam id-Bahasa Indonesia. Kemudian bila blog Anda ingin bisa visible dan searchable di internet, sebaiknya beri tanda centang pada keterangan “Saya ingin blog ini tampak di mesin pencari seperti Google, Technorati dan didaftar publik milik Wordpres.com”. Selanjutnya klik tombol “Daftar” dibawahnya

4. Check account email Anda, Buka email aktivasi yang dikirim Tim Support WordPress. Lemudian click link aktivasi blog Anda. Anda akan langsung diarahkan kembali ke dasboard control panel account wordpress Anda. Blog Anda sudah online dan bisa diakses dan Anda bisa memulai menulis dan mengedit blog Anda.


Ilmu

07/02/2009

Menampilkan Blog Pada Mesin Pencari Google


Uda ngerasa siap mempublikasikan blog nie, jadi kesempatan nulis sekarang difokuskan pada pendaftaran blog pada mesin pencari Google. Tahap pendaftaran blog ini dimaksudkan agar blog ini dapat tampil pada layar komputer jika kata yang diketikkan ke dalam kolom Google sesuai dengan kriteria yang kita daftarkan pada Google.
Bingung ya???hehe…emang ribet kata-katanya, biar mudah, perhatikan langkah-langkahnya ya…
  1. Ketik alamat google.com/addurl pada kolom site address.
  2. Kalo uda masuk, ketikkan alamat blog yang pengen didaftarin ke Google pada kolom URL, contohnya : http://www.noorfitria.blogspot.com
  3. Next, ketikkan clue apa aja yang diinginkan pada kolom comment /komentar agar bisa dikoneksikan kepada blog, contohnya : fitria, blog fitri, fitri cantik, fitri blogger, dll.
  4. Berikutnya isikan kode yang tersedia sama persis pada kolom kosong yang ada dibawahnya, klik add URL/tambahkan URL.
  5. Yup, udah selesai.

Sekarang buat nyoba jalaninnya, buka site google pada site address lain, kemudian ketikkan clue yang telah kita masukkan tadi…Silakan lihat hasilnya, ada atau ga tuh blog yang didaftarin. Oiya, clue yang bisa dipake buat nge-link ke blog bisa diketikkan sebanyak mungkin, coz semakin banyak clue yang diketik maka semakin besar pula kesempatan blog dapat tampil pada mesin pencari Google…